Warga Desa Tanah Abang Dievakuasi

  • Whatsapp

Martapura, – Puluhan warga Desa Tanah Abang Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar terpaksa diungsikan, menyusul semakin meningginya air yang merendam desa tersebut. Evakuasi dilakukan oleh personel Sat Sabhara Polres Banjar bersama anggota Polsek Mataraman serta dibantu Babinsa setempat, Minggu (10/1/2021).
Banjir yang merendam Desa Tanah Abang dengan ketinggian hingga 160 Cm tersebut akibat derasnya hujan yang turun beberapa hari terakhir. Daerah yang paling terdampak banjir yakni di RT. 4 Perumahan Sembilan dengan kedalaman air setinggi 160 Cm dari jalan lingkungan dan menggenangi perumahan warga.
“Jumlah warga yg terdampak banjir sebanyak 45 KK dengan jumlah rumah sebanyak 38 buah dan sampai saat ini yg sudah tergenang air sebanyak 6 buah rumah. Kegiatan dipimpin oleh KBO Sabhara Ipda Muslim,” jelas Humas Polres Banjar Suwadji.
Personil Sabhara dan Polres Mataraman melakuikan evakuasi warga masyarakat yang rumahnya terendam banjir ke tempat-tempat yang aman. Sebagian ada juga ditampung ke rumah warga atau kerabatnya.
Evakuasi menggunakan sejumlah perahu karet dilakukan mulai pukul 16.00 Wita hingga menjelang Magrib. Evakuasi berlangsung cukup lancar, apparat lebih mendahulukan mengevakuasi para lansia, wanita serta anak-anak.
Aparat juga memberikan imbauan kepada warga agar waspada dan berhati-hati terhadap aliran arus listrik. Setiap saat melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Tanah Abang serta BPBD Kabupaten Banjar untuk mendirikan tenda pengungsian.


Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo S.I.K.,MH. Saat apel menyampaikan kepada personil Polres Banjar dan jajaran untuk selalu siaga, mengingat curah hujan cukup tinggi pada minggu ini. Apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk membantu warga masyarakat yang terdampak banjir untuk evakuasi.
“Terimakasih kepada Kabagops, Kasat Sabhara dan Kapolsek Matraman serta anggota yang kemarin telah memberikan bantuan kepada warga dalam evakuasi ke tempat yang lebih aman dari banjir. Semoga banjir cepat surut dan dampaknya tidak meluas,” ujarnya.
Selanjutnya untuk para komandan diminta mengecek anggotanya masing-masing, apabila ada yang terdampak banjir segera berikan bantuan baik obat-obatan maupun bantuan lainnya, begitupun terhadap warga masyarakat yang terdampak banjir berikan bantuan. (Prn-02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA