Sukseskan PSU dengan Merekatkan Persaudaraan

  • Whatsapp

Banjarbaru –  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalsel, menggelar Rakor Penyelenggaraan dan Pengamanan PSU, Rabu 2 Juni 2021, di Gedung Idham Chalid, Perkantoran Setda Kalsel.

Rakor dipimpin Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA dihadiri seluruh unsur Forkopimda Kalsel, KPU, Bawaslu, Kesbangpol Kalsel, dan stakeholder terkait.

Bacaan Lainnya

Usai Rakor, Safrizal mengungkapkan poin hasil Rakor yaitu Forkopimda Kalsel berkomitmen mendukung KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaran PSU secara damai, aman, lancar demokratis dan gembira.

“Kita juga memastikan penyelenggaran pemungutan suara di PSU berjalan menerapkan 12 hal terkait protokol kesehatan di TPS,” terang Safrizal.

Sementara wilayah yang menyelenggarakan PSU akan diliburkan namun penetapannya menunggu Kepmendagri dalam waktu dekat.

“Kami meminta semua pihak tanpa kecuali menjaga stabilitas dan kondusifitas daerah Kalsel, baik wilayah PSU atau bukan, baik di ranah dunia nyata maupun dunia maya,” kata Safrizal.

Netralitas ASN/TNI/Polri juga harga mati dan harus dijunjung setinggi-tingginya. Bersama kita sukseskan PSU dengan tetap merekatkan nilai nilai persaudaraan.

“Laporkan bila ada kecenderungan pelanggaran,” katanya.

Forkopimda juga solid dan kompak serta tak mentolerir segala upaya yang mengancam stabilitas dan kondusifitas baik Pra maupun pasca PSU.

Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto menambahkan pihaknya siap menjaga keamanan pada pelaksanan PSU agar aman damai dan lancar. “Semua TPS kita anggap rawan pada PSU ini, kita akan jaga dengan sebaiknya, semua bahu membahu agar PSU berjalan aman, damai dan lancar,” katanya.

Polda kalsel dalam hal ini menjalankan amanat MK untuk mengamankan pelaksanaan PSU.

“Kita akan jaga proses PSU ini berjalan tertib dan lancar hingga pemimpin terpilih dilantik dan didukung bersama,” pungkasnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kalsel Heriansyah mengatakan untuk pelaksanaan PSU ini melalui APBD Pemprov Kalsel telah dihibahkan dana penyelenggaran Rp 5,4 M.

“Hibah tersebut sebagai  dana tambahan dari sisa dana di KPU untuk penyelenggaraan Pilgub Kalsel 2020 yang lalu,” kata Heri.

Pihak Kesbangpol Kalsel juga melakukan Monitoring dan koordinasi dalam rangka mensukseskan Penyelengaraan PSU yang aman damai lancar dan kondusif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA