Saidi Mansyur Serahkan 23 Penghargaan Sekolah Adiwiyata

  • Whatsapp

MARTAPURA,- Bupati Banjar H. Saidi Mansyur serahkan penghargaan kepada 23 sekolah yang sukses meraih predikat Adiwiyata tingkat Kabupaten Banjar tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar, dihalaman Mahligai Sultan Adam, Martapura. Senin (15/11) pagi.

Saidi Mansyur mengucapkan selamat kepada sekolah yang meraih pencapaian prestasi ini, dan dapat mengikuti penilaian sekolah Adiwiyata tingkat provinsi ditahun 2022 mendatang.

“ Penghargaan Adiwiyata yang diberikan pada hari ini, diharapkan tidak hanya sebagai simbol, tetapi harus ada kelanjutan tanggung jawab oleh seluruh warga sekolah secara terus menerus, untuk tetap membudayakan gerakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, sehat, bersih serta mempunyai lingkungan yang indah. ” ungkap Saidi.

Sementara itu Plt Kepala DLH Banjar Mursal mengatakan, sekolah yang mendapatkan penghargaan adalah sekolah-sekolah yang telah mampu melalui empat komponen Adiwiyata. Seperti Kebijakan Berwawasan Lingkungan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, dan Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan.

Mursal menambahkan, tujuan dari Penghargaan ini adalah sebagai apresiasi pemerintah, sebagai tanda bahwa empat komponen program Adiwiyata telah dilaksanakan, dan sebagai dasar dalam melakukan pembinaan program Adiwiyata  baik tingkat Kabupaten , Provinsi hingga tingkat Nasional.

Dikatakan, tahun 2021 ini telah diusulkan 60 sekolah Adiwiyata di Kabupaten Banjar, 30 tingkat Kabupaten, 15 tingkat Provinsi, 6 tingkat Nasional. Tim penilaian tingkat Kabupaten telah menyelesaikan tugasnya, dari 30 sekolah Adiwiyata yang diusulkan, dan ada 23 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata.

23 sekolah dimaksud dianyaranya, SDN Sungai Tandipah, SDN Sungai Asam, SDN Handil Purai 1, SDN Sungai Lulut 2 dan SDN Penggalaman 1.

Ia berharap kepada semua sekolah di Kabupaten Banjar bisa mengikuti program Adiwiyata dan mendapatkan penghargaan yang paling tinggi nantinya,  seperti yang pernah di dapatkan tingkat Asean tahun 2015 yang lalu.

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Banjar Tahun 2021 juga dihadiri Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny, beserta guru-guru perwakilan yang menerima penghargaan.

  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *