Puluhan Ustaz Ustazah Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

  • Whatsapp

MARTAPURA,- Forum Silaturahmi Ustaz dan Ustazah ( FSU ) Kabupaten Banjar, melaksanakan kegiatan pelatihan “Peningkatan Kapasitas Ustaz Ustazah Kabupaten Banjar” di Aula Pusat Sumber Belajar Bersama ( PSBB ) Indrasari Kecamatan Martapura, Jumat (10/09) pagi.

Kegiatan dibuka Bupati Banjar yang diwakili oleh Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, juga hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar Najwan Noor, Plt Kadisdik Liana Penny, Kabag Kesra Syawian, pejabat unsur Kemenag dan peserta pelatihan.

Bacaan Lainnya

Menurut laporan Ketua FSU Kabupaten Banjar Yam’ani, kegiatan merupakan peningkatan kemampuan baca tulis huruf Al qur’an bagi guru / Ustaz dan Ustazah dalam memberikan metode pembelajaran kepada anak didik, dengan menerapkan metode “Ummi”.

“Metode Ummi salah  satu metode  membaca al-Qur‟an yang langsung memasukkan dan mempraktekan bacaan tartil sesuai kaidah ilmu tajwid dengan menggunakan pendekatan bahasa ibu yang menekankan kasih sayang dengan metode klasikal,”jelas Yam’ani.

Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar Ikhwansyah mengatakan, ia mewakili Bupati Banjar pada prinsipnya mendukung penuh kegiatan, yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Ustaz dan Ustazah juga anak didik.

Menurut Ikwansyah, lembaga pendidikan Al Qur’an  diyakini merupakan ujung tombak bagi anak – anak karena dari sini anak-anak  mengenal akidah dan akhlak baca tulis al quran.

Ikwansyah berharap dari pelatihan bagi sekolah-sekolah atau lembaga dalam pengelolaan sistem pembelajaran Al-Qur’an yang secara menejemen mampu memberikan jaminan bahwa setiap siswa yang lulus dari sekolah mereka dipastikan dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil.

“Ustaz dan Ustazah juga bisa membagi  pengalaman dalam pembelajaran- pembelajaran selama ini pada kegiatan pelatihan, serta dimbau selama kegiatan agar memperhatikan standar covid -19,” pesan Ikhwansyah.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak 10 sampai 12 September 2021,diikuti sebanyak 45 Ustaz dan Ustazah yang ada di Kabupaten Banjar, selain memberikan penerapan pelaksanaan metode “Ummi” di pelatihan ini juga diberikan materi tentang administrasi dan kelembagaan tempat pendidikan Al Qur’an.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA