Pasien Covid Bisa Nyoblos di Pilkades

  • Whatsapp

Martapura – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak sebentar lagi dilaksanakan di Kabupaten Banjar. Warga yang sedang isolasi mandiri akibat terpapar covid 19, dipastikan tetap bisa menyalurkan suaranya.
Hal ini diungkapkan oleh Sekda Banjar HM Hilman usai memimoin rapat koordinasi Pilkades serentak, Tahun 2021, di Mahligai Sultan Adam Lantai II Martapura, Rabu (19/5/2021).

Rakor dipimpin Sekda Banjar H.M Hilman, didampingi Unsur Forkopimda Banjar, Perwakilan Polres Banjarbaru, Ketua Komisi I DPRD Banjar Komaruzzaman, Perwakilan Kejari Banjar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Banjar H.Syahrialludin dan diikuti stakeholder terkait serta para camat se-Kabupaten Banjar.

Bacaan Lainnya

Hilman mengatakan bagi pemilih yang terpapar Covid-19 diperkenankan karena hak mereka untuk menyalurkan suaranya pada saat pilkades serentak.
Ada dua alternatif penyaluran suara yaitu secara teknis diserahkan kepada masing-masing TPS untuk jemput bola datang ke tempat masyarakat pemilih yang terpapar tersebut dan alternatif kedua dipersiapkan bilik khusus pada pemilih yang terpapar Covid-19 sehingga tempat melaksanakan hak suaranya terpisah dari masyarakat yang lain dengan jarak yang cukup aman.


Hilman menegaskan terkait kesiapan menghadapi hari H Pilkades serentak sudah berjalan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya dan surat-surat suara saat ini sedang diproses untuk dilakukan pelipatan di kecamatan dan kemudian akan di distribusikan ke desa-desa.

“Banyak hal yang didiskusikan dengan melibatkan unsur keamanan baik Polri Kabupaten Banjar dan Banjarbaru, TNI Kodim 1006 Martapura serta Satpol PP sudah memperhitungkan pemetaan terhadap kondisi-kondisi keamanan dan ketertiban seiring dengan politik di desa yang semakin memanas, “ungkapnya.

Kepala Dinas PMD Banjar H.Syahrialludin menjelaskan pada Pilkades serentak tanggal 24 Mei 2021 nanti, ada salah satu desa yang menjadi contoh untuk disiarkan langsung kepada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) dan disaksikan oleh Para Pejabat RI lainnya yakni Desa Bincau Muara, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

“Semoga Pilkades Serentak Tahun 2021 ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA