Kementerian LHK Penuhi Janji, IPAL dan Ekoriparian di Ponpes Darul Hijrah Diresmikan

  • Whatsapp

MARTAPURA,- Dalam upaya menyempurnakan Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL ) Domestik, Biodigester dan sarana MCK yang dinilai masih belum memadai untuk seluruh santri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Wakil Menteri Dr. Alue Dohong resmikan IPAL dan Ekoriparian di Pondok Pesantren Darul Hijrah Cindai Alus, Martapura , Rabu ( 10/03 ) pagi.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong mengatakan, peresmian tahun ini merupakan realisasi dari janji Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dimana pada peresmian tahun lalu berjanji untuk menambah alokasi bantuan pembangunan dan Riparian.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, upaya penyediaan IPAL domestik seperti ini perlu ditingkatkan dimasa yang akan datang, dan diharapkan dapat di replikasi di tempat lain seperti di sekolah-sekolah dan pemukiman padat penduduk.

“ Mari kita jaga dan pelihara pembangunan Ekoriparian ini sebagai upaya penataan kawasan di sempadan sungai dan dapat  dikembangkan sebagai wisata alam sederhana, dan sarana pendidikan belajar di alam terbuka. Semoga bisa dimanfaatkan oleh para santri dan warga sekitar,” harapnya.

 

Sementara itu Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Al Habsyie tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah membantu penyempurnaan Pembangunan IPAL dan Ekoriparian di Ponpes Darul Hijrah Martapura.

” Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar turut mengapresiasi atas pengembangan IPAL yang telah diresmikan hari ini. Semoga dapat dimanfaatkan dalam mendukung aksi kerja nyata bersama dalam perbaikan kualitas air dan tentunya semua sarana prasarana yang dibangun ini semakin memperkuat posisi Ponpes Darul Hijrah Putera sebagai Pondok Pesantren berwawasan lingkungan,” ucapnya .

Peresmian Instalasi Pengolahan Air Limbah dan Ekoriparian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penanaman bibit pohon  oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Alue Dohong.

Kegiatan peresmian tersebut turut dihadiri Penjabat Gubernur Kalsel Syafrizal ZA, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK M. R Karliansyah, Pimpinan Ponpes Darul Hijrah KH. Zarkasyi Hasbi serta para kepala SKPD Kabupaten Banjar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA