Jokowi Ajak Bersatu, Bergerak Aktif Perkokoh Nilai-Nilai Pancasila

  • Whatsapp

MARTAPURA,- Bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan amanatnya, Selasa ( 01/06 ) pagi.

Upacara yang digelar secara luring dan daring yang diikuti seluruh Pimpinan Daerah itu, Presiden mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Bacaan Lainnya

Turut hadir secara daring di Command Center, Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar H. M Hilman, Polres Banjar Andri Koko Prabowo, dan perwakilan Dandim 1006 Martapura.

Mengusung tema Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh, Jokowi mengatakan, walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang RI berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah ringan.

” Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi,“ ungkap Presiden.

Jokowi menambahkan Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ia juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila.

” Dalam mewujudkan Indonesia maju dan yang kita cita-citakan,” tambahnya.

Turut hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattaliti, Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Mukti Fajar, Ketua BPK Agung Firman Sampurna yang hadir secara daring.

Dalam upacara, Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan naskah Pancasila. Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani membacakan naskah pembukaan UUD 1945.

Selain itu, hadir pula para menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua BPIP dan jajaran BPIP serta para duta besar negara sahabat yang juga hadir secara daring.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA