Ingin Usaha Arwana, Begini Cara Urus Izinnya

  • Whatsapp

Banjarbaru, – Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak bekerja sama dengan Balai Karantina Ikan dan Kualitas Mutu (BKIPM) Banjarmasin melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Status Perlindungan Arwana dan Mekanisme Perijinannya” di Aula BKIPM Banjarmasin pada Hari Rabu, (10/2/2021).

Kegiatan ini mengundang para pelaku usaha Arwana di Kalimantan Selatan.l dan dibuka oleh Getreda Melsina Hehanussa, . selaku Kepala BPSPL Pontianak.

Bacaan Lainnya

Beliau menjelaskan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah resmi ditunjuk sebagai Otoritas Pengelola (MA) CITES Jenis Ikan di Indonesia. Pengalihan MA CITES Jenis Ikan diharapkan bisa meningkatkan efektifitas dan efisiensi upaya pengelolaan jenis ikan yang dilindungi melalui ketetapan nasional dan/atau internasional, yaitu Appendiks CITES.

Sebagai bagian jenis yang dilindungi, Arwana Super Red (Scleropages formosus) dan Arwana Jardini (Scleropages jardinii) juga diatur pemanfaatannya melalui Permen KP No. 61 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemanfaatan Jenis Ikan Dilindungi. Pemanfaatan kedua jenis Arwana ini wajib dilengkapi dengan ijin untuk menjamin legalitas berupa Surat Ijin Pemanfaatan Jenis Ikan (SIPJI) dan dokumen keterangan asal-usul bukti kepemilikan berupa Surat Angkut Jenis Ikan (SAJI) Dalam Negeri serta Luar Negeri untuk menjamin ketelusuran produk.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Arief Fajar Fitriani,  selaku perwakilan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) KKP yang berkedudukan di Jakarta. Beliau menjamin bahwa proses pengajuan SIPJI akan diselenggarakan secara cepat dan mudah dengan komitmen untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha. Bagi pelaku usaha yang berkedudukan di Kalimantan Selatan bisa mengajukan konsultasi dan pendampingan untuk perijinan pemanfaatan Arwana kepada BPSPL Pontianak.

BPSPL Pontianak sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) KKP juga akan berkomitmen untuk mendampingi pelaku usaha Arwana dalam proses pengajuan permohonan SIPJI. BPSPL Pontianak tidak memungut biaya dalam memberikan pelayanan kepada pelaku usaha Arwana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA