Gerbang Ornamen Kaligrafi tahap 1 akan dibangun Pada Simpang Empat Sekumpul Martapura

  • Whatsapp

Martapura,  – Terkenal sebagai Kota Serambi Mekkah dengan nuansa religius yang sangat kental, banyaknya kegiatan keagamaan dan berbagai kegiatan lainnya yang bermakna Islami, melalui Kementerian Pekerjaan Umum Dan Penataan Riang (PUPR), dan Pemkab Banjar, kedepannya merencanakan pembangunan gerbang dengan ornamen kaligrafi di kawasan Simpang Empat Sekumpul Martapura.

Menyikapi dan mematangkan rencana tersebut, dilaksanakan Eskpose Penulisan Kaligrafi pada Gerbang Sekumpul tahap I, yang dilaksanakan di Command Center Barokah, Martapura, Rabu (13/1/2021).

Bacaan Lainnya

Ekspose ini dihadiri Bupati Banjar H Khalilurrahman, Sekda HM Hilman, Asssisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra H Masruri, Lurah Sekumpul Gt Marhusin dan perwakikan dari Dinas PUPR Banjar.

Ekspose dipaparkan oleh Assisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra H Masruri yang menjelaskan beberapa design dari gerbang Sekumpul ditahap I nantinya, dimana di tahap I ini, akan dibangun  empat gerbang dari beberapa sisi di Simpang Empat Sekumpul Martapura.

“Gerbang 1 pada titik lampu merah Sekumpul, Gerbang 2 berada di depan Mesjid Syiarussolihin dengan Ornamen diatasnya kaligrafi Asmaul Husna, dengan lebar 7 meter dengan sisi kiri dan kanan 3 meter, kemudian Gerbang 3 letak setelah jalan melintasi jembatan irigasi, dengan memberikan ruang yang luas bagi pejalan kaki,” terangnya.

Masruri juga menambahkan filosofi yang ada pada setiap gerbang, diantaranya pada Gerbang 1 ada bentuk Ornamen buah Nenas yang mengartikan tamu adalah yang harus kita hormati dan kita sebagai tuan rumah wajib menjamu tamu dengan sebaik dan semanis mungkin, kemudian juga ada Ornamen Kubah menyimbolkan apapun yang dimuka Bumi harus tunduk dan patuh kepada yang Maha Tinggi, kemudian Ornamen Asmaul Husna mengartikan agar kita sebagai ummat selalu mengingatNYA Allah SWT.

Digerbang yang sama juga terdapat Ornamen tengah bergambar Kubah bermahkota 8 yang bermakna Sekumpul selalu menjadi pusat kedatangan tamu dari berbagai penjuru, dan ada pula Ornamen Bintang melambagkan simbol kejayaan Islam serta Ornamen Daun Kangkung pada gerbang ini menandakan kepandaian beradaptasi dan tahan dalam situasi apapun.

Kemudian pada Gerbang 1 terdapat Ornamen Kaligrafi ucapan selamat datang di Martapura.

Seusai Eskpose, Sekda Banjar HM Hilman menjelaskan jika tahapan agenda pembangunan Gerbang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

“Akan kita bahas kemudian, hari ini adalah Eskpose awal kepada Bupati dari tim, dan setelah disetujui akan digelar rapat selanjutnya membahas berbagai agenda penunjang pembangunan ini termasuk hal yang paling krusial  yaitu pembebasan lahan dan jalan milik pribadi dikarenakan pembangunan ini secara keseluruhan ada 3 tahap dan ini baru Eskpose tahap 1 atau awal,” Jelas Hilman.

Bupati Banjar H Khalilurrahman secara umum mendukung program ini apalagi juga untuk kepentingan bersama.

“Saya berharap pembangunan akan lancar tanpa ada kendala nantinya,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA