DPW NasDem Kalsel Salurkan 290 Sapi Kurban

  • Whatsapp

BANJARBARU – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Kalimantan Selatan H Mansyur menyalurkan 290 ekor lebih sapi kurban. Pembagian hewan kurban tiap Idul Adha menjadi tradisi unik yang selalu dipertahankan saban tahun.

Pada lebaran haji 2022 ini, H Mansyur bahkan menyalurkan sapi kurban untuk 13 DPD Partai NasDem se-Kalimantan Selatan. Juga didistribusikan ke seluruh desa se-Kabupaten Banjar. Semua sapi sudah bisa dibawa ke seluruh kabupaten/kota serta seluruh desa tiga atau dua hari sebelum hari raya kurban. Menurut Pemerintah, Hari Raya Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Bacaan Lainnya

Memang, dari segi kuantitas tidak menyamai rekor pada 2021 yang mencapai 320 ekor lebih.  Berkurangnya hewan kurban yang disalurkan akibat wabah PMK yang terjadi. Selain hewan sehat sulit didapat, harga ikut meningkat, juga terkendala suplai. Ada kesulitan distribusi atau mendatangkan hewan dari pulau Jawa ke Kalimantan Selatan.

Sekretaris DPW Partai NasDem Kalsel H Akhmad Rozanie Himawan Nugraha menjelaskan, pihaknya harus esktra hati-hati menyediakan sapi kurban pada 2022.

Sejak mewabahya PMK, tim bekerja lebih keras berburu sapi sehat. Rujukan utama adalah Surat Edaran Nomor SE Nomor 10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksaan Kurban Tahun 1443 H / 2022 M.

Menurutnya, petugas kandang sangat berpengalaman merawat kesehatan sapi kurban. Mereka adalah ujung tombak memastikan tidak menemukan gejala klinis PMK seperti lesu, lepuh pada permukaan selaput mulut ternak termasuk lidah, gusi, hidung, dan teracak atau kuku. Juga tidak menemukan air liur atau lendir berlebihan.

“Pembagian 150 ekor lebih sapi kurban pada 2022 ini menjadi contoh kepedulian Ketua DPW Partai NasDem Kalimantan Selatan H Mansyur kepada seluruh masyarakat yang kurang mampu,” kata Akhmad Rozanie Himawan Nugraha di temui di DPW Partai NasDem Kalimantan Selatan Jalan Ro Ulin Banjarbaru, Jumat (8/7/2022) petang.

Dingsanak Haji Zanie, sapaan akrab H Akhmad Rozanie Himawan Nugraha menyatakan, lebaran haji termasuk momen terbaik untuk berbagi meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Artinya, semua sama-sama berkurban.

“Ayo kita bersama saling menjaga dan memperhatikan kondisi sekitar. Semoga perayaan kurban tahun ini bisa berlangsung kondusif, aman, dan lancar, ” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.