Dirjend Dukcapil Kemendagri : Jangan Ada Pungli

  • Whatsapp

Martapura, – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Banjar Azwar beserta rombongan serahkan 19.000 lebih Kartu Keluarga ( KK ) kepada Plt Camat Martapura Ramli, di kantor camat setempat, Kamis ( 28/01 ) sore.

KK tersebut merupakan identitas kependudukan yang dicetak oleh Disdukcapil Banjar yang diperuntukan bagi warga Kecamatan Martapura yang terdampak banjir, sebagai pengganti KK yang terendam maupun hilang disapu banjir.

Bacaan Lainnya

Menurut Azwar, kegiatan ini adalah rangkaian dari Disdukcapil Pro Aktif yang dilakukan pihaknya untuk membantu masyarakat terdampak banjir, agar tidak perlu bersusah payah melakukan urusan pembuatan KK baru ke DIsdukcapil. 19 ribu lebih KK ini adalah cetakan awal, dimana nantinya menyusul cetakan berikutnya untuk Kecamatan Martapura, yang akan dibagikan kepada warga terdampak banjir melalui kelurahan maupun desa.

“ kepada camat silakan berkoordinasi kepada kelurahan dan desa untuk membaginya “ ujarnya.

Sementara itu Dirjend Dukcapil Kemendagri Zefanya Jocom menitip pesan kepada camat agar dalam mendistribusikan KK tersebut, baik kelurahan maupun desa agar jangan sampai ada pungutan atau biaya yang diminta kepada warganya, karena penggantian KK ini sifatnya gratis.  

“ tolong pak camat, agar jangan sampai ada pungli kepada warga, ini gratis,“ ujarnya.

Plt Camat Martapura Ramli menyatakan siap untuk menyerahkan dan menyampaikan pesan tanpa pungutan tersebut. 

Dalam pencetakan KK ini Disdukcapil Banjar dibantu oleh Forum Kadisdukcapil Kabupaten/Kota lainnya di Kalimantan selatan, yang menamakan diri “ Gawi Baimbai “ baik mesin cetak maupun SDMnya, sehingga bisa selesai lebih cepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA