Desa Indra Sari Terpilih Menjadi Kampung Saling (Kampung Sanitasi Lingkungan)

  • Whatsapp

Martapura, Desa Indra Sari terpilih sebagai Kampung Saling (Kampung Sanitasi Lingkungan) dalam acara pencanangan Kampung Saling yang digelar oleh Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Provinsi Kalimantan Selatan, bertempat di Desa Indra Sari, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar, Selasa (27/10.2020) pagi.

Kegiatan pencanangan Kampung Saling (Kampung Sanitasi Lingkungan) ini dilaksanakan bersinergi dengan Panitia Peringatan Hari CTPS (Hari Cuci Tangan Pakai Sabun) Se Dunia dan HKN (Hari Kesehatan Nasional) Ke 56 Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Turut hadir paga kegiatan tersebut Ketua Umum PP HAKLI Prof. Dr. Arif Sumantri, Bupati Banjar H. Khalilurrahman yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Dr. Diauddin, Ketua HAKLI Prov. Kalsel Akhmad Mahyuni.

Ketua Umum PP HAKLI Prof. Dr. Arif Sumantri mengatakan, Kampung Saling adalah Desa-Kelurahan yang menerapkan program inovasi sanitasi lingkungan melalui pemberdayaan masyarakat secara terkoordinasi, terintegratif, terprogram dan terencana dalam rangka membangkitkan kemauan dan semangat dalam peningkatan kualitas sanitasi lingkungan menuju masyarakat sehat dan sejahtera.

“Inspirasi ini bermula dari pengamatan desa-kelurahan yang akan diintervensi perlu percepatan pembenahan sanitasi lingkungan dan adanya potensi desa untuk berkembang, terutama terhadap pencapaian indikator-indikator yang berhubungan dengan pencegahan dan penurunan Covid 19,” ucapnya.

Bupati Banjar H. Khalilurrahman yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Dr. Diauddin mengatakan, sebelumnya sudah dinilai untuk kesiapan desanya apakah mendukung atau tidak untuk kegiatan sanitasi ini.

“Alhamdulillah kita terpilih sebagai Kampung Saling dari HAKLI Prov. Kalsel, mudah-mudahan kedepan aka nada desa-desa lain yang terpilih menjadi Kampung Saling,” ujarnya.

Ketua HAKLI Prov. Kalsel Akhmad Mahyuni mengatakan dalam sambutannya, Kampung Saling merupakan inspirasi, motivasi dan inovasi dalam pemanfaatan potensi pengembangan sanitasi lingkungan desa-kelurahan melalui pemberdayaan masyarakat.

“Program ini sebagai pilot proyect/percontohan di Kalimantan Selatan. Harapannya dapat berkembang ke desa-kelurahan lain disekitarnya dan bahkan ke luar daerah,” ucapnya.

Sasaran pembinaan Kampung Saling (Kampung Sanitasi Lingkungan) binaan HAKLI Provinsi Kalimantan Selatan diarahkan pada 3 desa/kelurahan yaitu, Desa Indrasari, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar, Kelurahan Pengambangan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Desa Inan, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA