Bupati Banjar Resmikan Pojok Kreasi

  • Whatsapp

MARTAPURA,- Bupati Banjar H. Saidi Masyur didampingi Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al-Habsyie, Sekda Banjar H. M. Hilman dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Hj. Yasna Khairina resmikan Pojok Kreasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah ( Dispersip ) Kabupaten Banjar ditandai dengan pembukaan tirai. Peresmian tersebut digelar saat rapat koordinasi mingguan di Aula Dispersip, Senin, ( 19/07 ) pagi.
Kepala Bidang Perpustakaan Dispersip Kabupaten Banjar Hj. Noor Aida mengatakan, persiapan pembuatan Pojok Kreasi hanya satu minggu dengan memajang berbagai kreasi motif sasirangan dan tikar purun.


“ Untuk proses persiapannya ini kurang lebih satu minggu, tujuannya karena perpustakaan kita ini berbasis inklusi sosial, salah satunya kemarin kita ada pelatihan membuat sasirangan, dan hasilnya bisa kita pamerkan di Pojok Kreasi. Tikar purun juga ini sebagai budaya lokal daerah” ujarnya.
“ Dipajang motif kain sasirangan dan tikar purun yang biasa diolah masyarakat kita Kabupaten Banjar dan juga lebih luas Kalimantan Selatan. Seperti pembuatan tikar purun ada berbagai motif, banyak yang tidak mengetahui, disini bisa melihat berbagai jenis referensi”  tambahnya.

Bacaan Lainnya

Motif sasirangan yang dipajang antara lain motif Intan Banjar, Kambang Tampuk Manggis, Kangkung Kaombakan, Daun Katu, Naga Balimbur. Sedangkan motif tikar purun yaitu motif Cengkeh, Ramak Sahang dan Mata Gergaji.
Dalam rakor mingguan yang di ikuti semua jajaran tersebut, membahas tentang peningkatan kasus Covid-19 yang mengalami peningkatan. Hingga hari ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 387 sedangkan Juni lalu hanya 162 kasus.
Bupati Banjar H.Saidi Mansyur mengatakan,  perlunya peningkatan imbauan penerapan protokol kesehatan untuk menekan peningkatan kasus Covid-19. Selain itu ia juga memaparkan kegiatan yang telah dilakukan antara lain Launching Kampung Papuyu, Karang Intan, serta pemilihan pambakal.
Dalam rapat juga dibahas mengenai persiapan Hari Jadi Kabupaten Banjar, pelaksanaan monitoring bagi sekolah yang melaksanakan tatap muka, dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Banjar. Dilaksanakan pula penyerahan kartu anggota perpustakaan oleh Kepala DisPersip Banjar kepada Bupati Banjar, Wakil Bupati Banjar dan Sekda Banjar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA